571 (2)
571 (2)

5 judul game berikut ini tidak akan kau sangka punya panggung esport, loh! Bahkan, game-game ini hingga punya turnamen kelas dunia sendiri!
Perkembangan esport semakin menjamur belakangan ini. Berbagai game pun mulai masuk sebagai game esport dan menjadi area kompetitif bagi para pemain. Tetapi, berikut ini yaitu lima game yang gak bakal kau duga ada panggung esport-nya. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Pokemon
    Game yang sangat dikenal lewat konsol portable milik Nintendo mirip Game Boy dan Nintendo DS ini ternyata mempunyai kompetisi esport yang tidak kalah seru dengan game kompetitif lain. Turnamen kelas dunia ini pertama kali diadakan pada tahun 2002, tapi sempat terhambat di tahun 2003. Untungnya, turnamen ini diadakan kembali pada tahun 2004 hingga dikala ini.

Game Pokemon ini sendiri terbagi menjadi dua jenis kompetisi; Trading Card Game dan Pokemon Battle. Masing-masing game sendiri memakai versi berbeda-beda tiap tahunnya tergantung dari perkembangan Pokemon sendiri. Yang menjadi daya tarik utama yaitu Pokemon Battle yang sangat seru alasannya dua pemain akan bertarung dengan format double battle sehingga butuh taktik yang baik demi mengalahkan musuh.

  1. Farming Simulator
    Di Amerika Utara dan Eropa, Farming Simulator merupakan game paling terkenal yang sangat banyak dimainkan. Saking ramainya, game ini pun punya panggung kompetitifnya semenjak tahun 2017 silam — bahkan siap esport dalam waktu dekat. Memang terdengar konyol bagi kau semua, tapi cukup banyak pelaku esport yang terlibat di game ini.

Diadakan di Swiss, turnamen Farming Simulator ini mirip berkelahi balap menumpuk jerami dalam satu tim dalam pertandingan time attack. Tim yang berhasil menumpuk jerami paling cepat yaitu pemenangnya dengan format tiga pemain dalam satu tim.

  1. Super Mario
    Jangan salah paham dulu gaes! Super Mario yang dipakai untuk dipertandingkan bukanlah Super Mario yang biasanya, melainkan Super Mario Maker yang menunjukkan level tidak masuk logika dan sangat menantang.
BACA JUGA:  Berikut Semua yang Perlu Kamu Ketahui di Multiplayer Call of Duty Modern Warfare

Level yang dirancang sendiri ini pun punya tingkat kesulitan yang tidak masuk logika dan butuh konsentrasi. Pemenang game ini ditentukan oleh siapa yang mampu lebih cepat menuntaskan level tersebut. Semakin mendekati final, maka bakal lebih sulit pula level yang harus dimainkan.

  1. Tetris
    Bagi para gamer yang sudah cukup ‘tua’ niscaya tidak aneh lagi dengan game Puzzle legendaris satu ini. Cara bermainnya cukup mudah yaitu menyusun balok-balok yang nantinya akan jatuh kemudian menghancurkannya dengan memenuhi bab layar secara sejajar dengan balok tersebut. Setelah menghancurkan balok tersebut, para pemain akan menerima skor tergantung seberapa banyak baris balok yang hancur.

Istilah yang dikenal mulai dari single yaitu satu baris, double untuk dua baris, triple untuk tiga baris, dan Tetris ketika menghancurkan empat baris balok bersamaan.

Di kompetisi esport tahunan ini, Tetris yang dirilis pada tahun 1989 dipertandingkan dari tahun ke tahun dan diadakan pertama kali pada tahun 2010. Kabar mengejutkan pun terjadi pada Tetris World Championship 2018 kemudian ketika tujuh kali juara bertahan harus kalah dari anak berumur 16 tahun.

  1. Spacewar
    Tidak hanya Tetris saja, game yang lebih renta lagi yaitu Spacewar keluaran 1962 pun pernah punya kompetisi esport loh gaes! Walaupun hanya di lingkup universitas, game yang dikembangkan oleh Steve Russell dan kawan-kawan diadakan untuk merayakan 40 tahun game ini.

Kompetisi Spacewar sendiri diadakan di Universitas Stanford, Amerika Serikat, dengan memakai konsol orisinalnya — PDP-1.

Itulah tadi kelima game yang tidak kau duga ada panggung esport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here