571 (2)
571 (2)

Waduh, gres juga beberapa hari dirilis, game FPS horor Metro Exodus ternyata sudah berhasil dijebol dan diedarkan sekelompok peretas.
Seperti tidak peduli akan ulah hacker yang sukses membobol game berproteksi Denuvo, Kini penerbit Deep Silver justru terkena hal serupa. Pasalnya, belum juga mengetahui jumlah penjualan dari versi PC, hanya dalam waktu kurang dari seminggu game Metro Exodus sudah dibobol oleh hacker!

Mengutip Dsogaming.com, jebolnya Metro Exodus terjadi akhir ulah sekelompok grup peretas dari Italia berjulukan CPY. Kelompok yang lahir semenjak final tahun ’90-an ini memang telah dikenal luas sehabis mereka menembus perlindungan Denuvo yang populer sulit untuk dibobol.

Sebelum membobol Metro Exodus, belum usang ini CPY juga membobol sebuah game yang dilindungi oleh Denuvo lainnya, Ace Combat 7, dan sekaligus menunjukan kembalinya grup yang memang hobi membongkar pertahanan yang dipasang oleh Denuvo.

Berbeda dengan Ace Combat 7 yang membutuhkan waktu hampir sebulan sebelum gamenya berhasil dijebol — entah alasannya mereka masih tertidur kala itu atau mereka menunggu grup peretas lainnya, CODEX, untuk membobol Ace Combat 7 mengingat CODEX ialah grup yang membobol Resident Evil 2 Remake dalam waktu seminggu, justru untuk Metro Exodus, kelompok CPY hanya membutuhkan waktu lima hari saja.

Sekadar informasi, Denuvo atau juga disebut sebagai Denuvo Anti-Tamper merupakan sistem DRM (Digital Right Management) yang dikembangkan oleh Denuvo Software Solution GmbH, sebuah perusahaan perangkat lunak asal Austria.

Keberadaan Denuvo dianggap positif oleh developer dan publisher alasannya produk mereka mampu terlindungi. Namun, bagi konsumen Denuvo justru membelah mereka menjadi dua pihak, ada yang setuju, ada juga yang tidak. Sistem ciptaannya tersebut memungkinkan sebuah software akan sangat sulit untuk dimodifikasi atau mengalami malfungsi. Namun nyatanya masih banyak beberapa game yang sudah memakai Denuvo berhasil dibobol oleh sekelompok peretas.

BACA JUGA:  RUSH!! Ini 8 Tips Menyerbu Bangunan di PUBG Mobile!

Metro Exodus sendiri dirilis pada tanggal 15 Februari 2019 kemudian secara serentak di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Apalagi keputusan Deep Silver yang memindahkan gamenya dari Steam ke Epic Games Store untuk menjadi game langsung di toko gres itu selama satu tahun kedepan dinilai terlalu mendadak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here