571 (3)
571 (3)

Fatwa PUBG ramai diperdebatkan, padahal 10 game ini lebih parah dibandingkan PUBG! Apakah akan diblokir juga?
Saat ini aliran PUBG sedang ramai dibicarakan. Padahal perilisan game sudah diikuti dengan label rating usia sebagai panduan kedewasaan dan ada banyak game yang ‘lebih parah’ dibandingkan PUBG dan tidak cocok dimainkan untuk anak-anak alasannya tidak sesuai dengan labelnya. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Mortal Kombat X
    Mortal Kombat memang dikenal sebagai waralaba Fighting yang mengambil tema sadis dan brutal. Kini seri terbarunya, Mortal Kombat X, sudah mempunyai kualitas grafis yang jauh lebih keren dalam versi 3D.

Tak mampu disangkal kesadisan dan kebrutalannya pun makin realistis, alasannya itu anak-anak sangat tidak direkomendasikan memainkan game Fighting ini.

  1. Dead Space
    Serial Dead Space menjadi salah satu video game yang terkenal alasannya mempunyai gameplay Survival Horror luar angkasa yang sangat mencekam. Akan tetapi apa yang ditawarkan dalam serial Dead Space hanya cocok untuk dinikmati oleh orang cukup umur saja. Di samping itu banyak adegan-adegan sadis pula yang hadir di game ini.
  2. Outlast
    Outlast yang dirilis oleh Red Barrel Studio disebut-sebut sebagai salah satu game Survival Horror terbaik yang pernah ada. Tidak hanya mempunyai grafis keren dan alur dongeng yang menarik, Outlast juga menghadirkan adegan yang sangat sadis yang mampu menciptakan gamer cukup umur sekalipun ketakutan ketika mencoba memainkannya — hingga sempat di-ban Pemerintah Australia.
  3. Resident Evil VII: Biohazard
    Sama mirip Outlast, Resident Evil VII: Biohazard juga menjadi game Survival Horror yang punya kualitas grafis sangat realistis dan juga dongeng yang menarik.

Game yang menceritakan perihal perjalanan aksara protagonis berjulukan Ethan dalam mencari istrinya yang hilang secara misterius ini menghadirkan elemen-elemen horor yang mengerikan, mendebarkan bahkan bikin jantungan. Sangat tidak dianjurkan apabila game ini dimainkan oleh anak-anak.

  1. Grand Theft Auto V
    Game rilisan Rockstar Games ini memang berhasil menjadi video game terlaris sepanjang masa, tapi ada begitu banyak adegan yang memang ditujukan untuk konsumsi orang cukup umur saja, sehingga tidak pantas sama sekali apabila game ini dimainkan anak di bawah umur.
  2. South Park: The Stick Of Truth
    Jangan tertipu dengan grafis menggemaskan yang dimiliki game South Park: The Stick Of Truth. Walaupun berbentuk kartun akan tetapi konten yang disajikannya diperuntukan bagi orang dewasa.
BACA JUGA:  Cuphead Dapatkan Adaptasi Kartun dari Netflix

Dalam game ini terdapat adegan-adegan dan perbincangan yang kasar, yang tidak cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Ditakutkan apabila anak-anak memainkannya mereka akan mencoba menggandakan sikap para aksara di dalam game ini.

  1. Wolfenstein II: The New Colossus
    Sama mirip game FPS sejenis, Wolfenstein II: The New Colossus memang menjadi salah satu game First Person Shooter dengan grafis yang keren; akan tetapi dalam game ini juga terdapat banyak adegan sadis yang sangat tidak layak dilihat anak-anak.
  2. Bully
    Game yang pengembangnya sama dengan game GTA: San Andreas, Rockstar juga sama rusaknya dengan game di atas. Game ini sendiri menceritakan perihal seorang anak sekolah bandel dan yatim piatu yang ingin menguasai sekolahnya, yaitu Bullworth Academy.

Di game Bully ini, kalian akan disuguhkan dengan tindakan-tindakan kenalakan ala anak sekolah yang sudah di atas taraf batas normal kenakalan dan juga kekerasan, mirip perkelahian antar anak sekolah.

  1. Call of Duty: Modern Warfare 2
    Call of Duty: Modern Warfare 2 ialah salah satu game tersukses yang pernah dirilis oleh Activision. Meski begitu, game ini justru tidak boleh hadir di Rusia. Pasalnya, game ini terdapat hal yang melecehkan negara tersebut.

Dalam salah satu level Modern Warfare 2 ada misi yang diberi nama No Russian, di dalam misi kontroversial tersebut pemain diperintahkan untuk melaksanakan pembantaian di salah satu bandara di negara Beruang Merah itu. Tak pelak, Pemerintah Rusia merasa tersinggung.

  1. Manhunt
    Kalian yang besar di tahun 2000-an niscaya mengenal waralaba Manhunt. Entah apa yang sedang dipikirkan oleh Rockstar dikala menciptakan Manhunt.

Dianggap legendaris pada masanya, kebrutalan game ini menciptakan penjualan Manhunt hingga tidak boleh di beberapa negara — bahkan kabarnya ada masalah pembunuhan yang terjadi karena pelakunya terobsesi dengan game Manhunt!

Nah itu ia beberapa game yang lebih parah dibandingkan PUBG. Pastikan game yang kalian mainkan sesuai dengan rating yang tercantum pada game tersebut ya, atau paling tidak ada orang cukup umur yang mendampingimu dikala bermain sehingga kau mampu menerima klarifikasi apa yang terjadi di dalam game tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here