Ketahuan Memplagiat, Server Game Stellaris Mobile Dimatikan Sementara
Ketahuan Memplagiat, Server Game Stellaris Mobile Dimatikan Sementara

Ketahuan Memplagiat, Server Game Stellaris Mobile Dimatikan Sementara
Untuk proses penyelidikan
Biasa dikenal lebih fokus dalam memanjakan para gamer-gamernya di platform PC dan konsol, Paradox Interactive sekarang secara mengejutkan mulai ingin mencoba peruntungannya di pasar game-game mobile. Tepat kemarin lusa, publisher pencipta game-game seni manajemen dan simulasi ini telah mengumumkan perilisan versi mobile dari game seni manajemen Stellaris yang berjudul Stellaris: Galaxy Command secara beta.

Sayangnya, awal-awal kehadiran game tersebut nampak harus diwarnai oleh semacam kontroversi yang berkaitan dengan hak cipta. Kebetulan, pihak Paradox sendiri justru menjadi salah satu pelaku sekaligus pendekar (mungkin) lewat bentuk inisiatif yang gres saja mereka lakukan.

Bermula dari munculnya laporan ihwal eksistensi asset artwork di dalam Stellaris Mobile yang ternyata merupakan asset colongan. Paradox yang hasilnya sadar, menetapkan untuk menutup server Stellaris Mobile demi menginvestigasi sesuatu. Buat kalian yang belum tahu, game MMO mobile ini sama sekali tidak dibentuk eksklusif oleh pihak Paradox, melainkan oleh GameBear selaku developer game mobile asal Cina yang menjalin bentuk kemitraan dengan mereka.

Asset yang dimaksud pun berasal dari gambar artwork buatan Kenny Magnusson untuk game HALO 4. Dimana Kenny sendiri merupakan sang art director dari game milik Microsoft tersebut. Gambar perbandingannya mampu kalian lihat secara eksklusif di bawah.

Meski hanya gres satu saja indikasi plagiat yang ditemukan oleh pihak Paradox Interactive, dalam update Tweet terkininya mereka mirip harus memperpanjang kembali proses penginvestigasian game ini. Seolah mengambarkan bahwa tidak hanya asset artwork itu saja yang menjadi masalah. Tak usang berselang, salah satu netizen yang merespon Tweet tersebut ada yang memberi tahukan kalau game Stellaris: Galaxy Command nampak dibentuk dari hasil reskin game Nova Empire.

BACA JUGA:  Perfect World Mobile Adakan masa Pra-registrasi untuk kalian gamer Jadul!

Hal itu diketahui eksklusif dari munculnya format pemberitahuan yang merujuk pada format agreement yang dimiliki oleh Nova Empire dikala sang pemain menetapkan untuk menolak suatu “term” atau “permission”. Pihak paradox sama sekali tidak mengelak, namun mereka menjelaskan bahwa goresan pena itu asalnya merupakan bentuk placeholder text yang sengaja dijiplak untuk tahap-tahap awal pengembangan.

Memang sudah bukan menjadi diam-diam yang umum kalau banyak fans merasa cukup kecewa dengan kehadiran game Stellaris versi mobile, beserta dengan kontroversi yang gres saja diketahui. Namun, untungnya sebagian besar dari mereka nampak tidak terlalu meluapkan reaksi yang amat berlebihan. Terutama dikala melihat pihak Paradox sangat bertindak cekatan dalam menjelaskan aneka macam permasalahan serta kesalahan yang telah terlanjur terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here