Kojima Beri Respon Soal Death Stranding Terlihat Seperti “Walking Simulator”
Kojima Beri Respon Soal Death Stranding Terlihat Seperti “Walking Simulator”

Kojima Beri Respon Soal Death Stranding Terlihat Seperti “Walking Simulator”
Bahkan dengan beberapa gameplay reveal dari Kojima, Death Stranding masih mengundang banyak tanda tanya dari gamer. Dari apa yang diperlihatkan, game terbaru Kojima ini terlihat tidak penuh suspens dan agresi intens. Mayoritas yang ia perlihatkan ialah aksara Norman Reedus mengelilingi dunia luas sambil membawa bayi. Hal ini menciptakan banyak fans mengecap Death Stranding bakal menjadi walking simulator – sebuah istilah yang sering dipakai pada game fokus naratif yang dimana kisah terus terbongkar dengan hanya menyuruh pemain berjalan dari satu titik ke titik lain dengan minim agresi maupun rintangan.

Death Stranding bukanlah game semacam itu berdasarkan Kojima. Lewat interview bersama Game Informer, dirinya jelaskan bahwa game terbarunya akan lebih dari sekedar itu dan kau harus memainkannya pribadi untuk mengerti apa yang ia maksud.

“Di game ini, aku rasa kau tidak akan mengerti hanya dengan sekedar mendengar aku menjelaskannya, tetapi sekalinya kau mulai bermain, hanya berjalan kaki saja di dunia ini akan terasa menyenangkan.”

Menurut Kojima, banyak diantara tester coba beranggapan bahwa game ini akan menjadi walking simulator, tetapi kebanyakan dari mereka mulai menyenangi game sesudah mencoba sendiri.

“Yang aku sadari, ketika aku memonitor sesi playtest ialah mereka tidak mengerti game ini pada awalnya, termasuk juga para staf. Tetapi sesudah mereka memainkannya, hanya berjalan saja menjadi menyenangkan di luar angkasa.”

Menanggapi kritikan gamer yang menganggap game hanya sekedar berjalan-jalan tak jelas, Kojima anggap bahwa situasi ini sama mirip ketika dirinya memperkenalkan genre stealth di game Metal Gear pertama. Pada ketika industri tengah fokus dengan agresi yang frontal dan hujan peluru, Kojima perkenalkan Metal Gear yang miliki gameplay pelan serti lebih mementingkan agresi diam-diam. Death Stranding baginya akan menghadapi posisi yang sama dan hanya perlu waktu untuk gamer mengerti genre gres yang ia ciptakan ini.

BACA JUGA:  Chucklefish Tengah Kembangkan Game Baru ala Stardew Valley yang Berjudul “Witchbrook”

“Situasinya sama mirip ketika aku pertama kali bawakan game stealth. Jika 100 orang memainkannya dan 100 orang tersebut berkata game itu menyenangkan, maka berarti genre tersebut sudah ada dan amat dikenal. Tetapi ini ialah genre gres – sama mirip stealth pada ketika pertama kali diperkenalkan, niscaya akan ada beberapa orang yang tak menyukai. Hanya perlu waktu biar penilaian sebenarnya terjadi.”

Death Stranding akan dirilis untuk PS4 pada 8 November mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here