7 Game Menarik Lain ala Harvest Moon yang Juga Tidak Kalah Seru!
7 Game Menarik Lain ala Harvest Moon yang Juga Tidak Kalah Seru!

7 Game Menarik Lain ala Harvest Moon yang Juga Tidak Kalah Seru!

Nama Harvest Moon pun memang telah biasa menjadi tolak ukur dari eksistensi sejumlah game yang mempunyai unsur simulasi sosial dan pengelolaan yang betul-betul penting di dalamnya. Berkat seri Harvest Moon: Back to Nature yang begitu melegenda di konsol playstation 1 silam, formula genre menyerupai ini semakin usang juga telah mulai dikembangkan ke dalam banyak sekali macam perhiasan penemuan yang unik dan keren.

  1. Garden Paws (Steam)
    Ingat dengan Animal Crossing dalam listicle kami sebelumnya ? Karena game ini nampak ingin mencurahkan suatu nafas yang kurang lebih sama dengannya, yakni dengan memakai karakter-karakter hewat imut yang bersifat antromorfik. Dalam Garden Paws, kau akan berperan sebagai seorang cucu yang telah diamanahi untuk mengurus tanah pertanian dan rumah yang mereka titipkan kepadamu.

Kamu tidak hanya mengurus perihal perihal bercocok tanamnya saja, ada banyak aspek-aspek menarik menyerupai memelihara binatang (padahal kau juga hewan), bersosialisasi dengan para manusia-hewan sekitar, hingga membuka toko. Bahkan game ini punya satu mode online multiplayer antar 4 pemain (kabarnya mampu hingga 10 dalam update mendatang) untuk mampu saling berinteraksi maupun bereksplorasi bersama.

  1. Staxel (Steam)
    Anggaplah Harvest Moon sedang ingin berpacaran dengan Minecraft. Dan dari kekerabatan mereka itu, game berjulukan Staxel hadir untuk memberi kejutan. Fitur sosialisasi, farming dan building yaitu fokus perhatian utamamu dalam bersenang-senang game ini.

Karena mengadopsi grafis kotak-kotak atau voxel di dalamnya, Staxel tentu sangat membebaskanmu untuk mampu pula membuatkan dunia Sandbox yang telah ditempati. Jangan lupa bahwa kau mampu membangun dunia tidak hanya secara solo, tetapi juga secara multiplayer bersama dengan para pemain lain.

  1. Farm Together (Steam, PS4, Xbox One)
    Bila menikmati kelebihan grafis merupakan suatu idaman buatmu, Farm Together mampu jadi tanggapan bagi kau yang betul-betul cukup menikmati game bercocok tanam. Baik secara solo maupun online multiplayer kau mampu bekerja sama untuk menggarap dan membuat lahan pertanian, perkebunan, peternakan, hingga perikanan yang megah. Kamu pun juga mampu membangun rumah dan mendekorasikannya supaya lebih cantik.
  2. Farming Simulator 19 (Steam, PS4, Xbox One, Android/iOS)
    Game ini tak diragukan lagi merupakan satu-satunya game “Harvest Moon” yang paling realistik di dunia. Dimana Farming Simulator 19 sendiri sebagai serinya yang terkini telah semakin ingin berkembang dalam memberikan pengalaman bercocok tanam maupun beternak yang hampir mendekati kenyataan. Terutama dalam menghadirkan berjibun kendaraan bajak atau traktor yang akan begitu membantu pekerjaanmu.

Game ini juga memberikan unsur multiplayer yang bersifat coop maupun kompetitif. Sehingga kau punya opsi pula untuk berlomba-lomba menjadi seorang petani yang teladan dan tajir.

  1. Moonlighter (Steam, PS4, Xbox One, Switch)
    Game ini mungkin tidak mempunyai sejumlah aspek bertani di dalamnya. Akan tetapi, dalam Moonlighter kau mampu ikut berguru perihal nikmat hidup dari seseorang yang sedang berjuang untuk mencari sesuap nasi. Karena secara umumnya, kau akan mengemban tanggung jawab untuk mengurus sebuah toko sembari berpetualang mengalahkan para musuh di suatu dungeon demi mencari barang berharga yang mampu kau dagangkan untuk tokomu.
BACA JUGA:  Gamer Sejati Nih! Pengantin Pria ini Asyik Bermain PUBG Mobile di Pelaminan

Selain berdagang dan melayani para calon customer, ada semacam aspek dimana kau mampu bersosialisasi dengan para penduduk desa di tempatmu tinggal guna mengenali mereka sekaligus memudahkanmu untuk membuatkan bisnis toko kesayangan kalian.

  1. Slime Rancher (Steam, PS4, Xbox One)
    Beternak merupakan salah satu aspek penting yang juga mampu kau jumpai dalam Harvest Moon. Namun untuk Slime Rancher, game ini ingin betul-betul mengeksplor suatu gameplay beternak yang kelewat unik dibanding yang lain. Sesuai judulnya, kau akan sibuk menggembalakan mahluk menyerupai onggokan lendir yang sama sekali tidak terlihat menganggu, melainkan imut dan lucu.

Punya gameplay berformat First-Person, kau akan biasa menangkap mereka para slime menggemaskan tersebut dengan memakai semacam alat penyedot, kemudian memasukannya ke kandang. Jangan lupakan pula bahwa kau mampu memberi mereka makan dan memerah suatu item penting darinya. Ada pula aspek eksplorasi untuk menjelajahi beragai areanya yang cukup dan membuat waktu-waktumu dalam memainkannya menjadi sangatlah berharga.

  1. Recettear: An Item Shop’s Tale (Steam)
    Game ini punya sedikit kaitan yang sama dengan Moonlighter, namun dengan visual yang sangat Anime sekali. Belum ditambah bahwa kau diceritakan punya hutang yang sangat besar sekali di dikala kau sedang berjuang dalam mengelola tokomu. Sehingga game yang berjudul Recettear: An Item Shop’s Tale ini punya pemaparan yang jauh lebih pembangkang daripada Moonlighter (apakah mungkin juga lebih baik ?).

Punya opsi untuk memark up secara harga-harga item yang kau jual, menyewa mercenary yang uniknya merupakan abjad bertarung yang akan selalu kau kendalikan di sepanjang gameplay yaitu hal yang paling mewarnai keunikan game ini. Jika kau paham dengan kenyelenehan seri game ala Anime menyerupai Disgaea, maka Recettear nampak merupakan suatu acuan yang biasa merefleksikan nuansa game tersebut.

Demikianlah list bab kedua kami perihal kumpulan game-game ala Harvest Moon menarik yang tampaknya perlu kau munculkan kembali di dalam radarmu. Kami sendiri memprediksi jikalau game-game semacam ini nampak masih tetap akan semakin relevan dan berkembang. Apalagi ketika sedang menunggu kehadiran versi remake dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town dan Doraemon: Story of Seasons yang tidak usang lagi akan siap rilis di pasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here