571 (3)
571 (3)

Sejak awal masa 2000-an, popularitas game online meledak dan sangat digandrungi oleh kaum muda; bermunculan judul-judul game terkenal dengan ribuan pemain di dalamnya. Bahkan sampai sekarang MMORPG maupun game online jadul lain tetap meninggalkan kesan mendalam bagi para pemainnya.

Seiring berjalannya waktu dan pemain semakin banyak, muncul pula tangan-tangan badung yang berbuat curang. Mereka melaksanakan hal-hal ilegal demi kekayaan dan kekuatan sendiri sehingga menciptakan game tersebut tidak seimbang dan kondisinya menjadi ‘rusak’. Nah, untuk mengenang lagi game online jadul mana saja yang menjadi korban keganasan cheater, penulis telah mengumpulkan lima di antaranya untuk kita bahas bersama-sama!

  1. Gunbound
    Ingat Gunbound? Game perang kendaraan lucu ini dulunya ramai akan cheater. Bentuk cheat-nya juga beragam — dan yang paling parah yakni aimbot.

Cheat aimbot memungkinkan para cheater nggak perlu repot-repot menebak sudut tembak, arah angin, kekuatan tembakan, dan faktor lainnya alasannya sudah otomatis dihitung oleh cheat ini. Alhasil, tembakan si cheater selalu terus sempurna sasaran. Jelas kecurangan yang memusnahkan unsur seni manajemen mirip itu tentu merusak game turn-based ini. Jadinya banyak pemain yang tidak suka dan meninggalkan Gunbound; berujung penutupan layanan game ini.

  1. Lost Saga
    Lost Saga awal mulanya ramai dengan pemain yang rindu dengan game bergenre serupa yaitu Getamped yang dulu sempat terkenal di Indonesia. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, cheat mulai bermunculan di kalangan pemain, biasa dikenal sebagai ‘cheat suntik’.

Dengan pemain yang sudah jauh berkurang, Lost Saga masih bertahan di pasar game online Indonesia walaupun cheat masih merajalela. Jika tetap berlanjut mirip ini, kemungkinan besar usia Lost Saga tidak akan bertahan lama.

  1. Point Blank
    Game online jadul bertema FPS ini sempat menjadi raja di warnet-warnet dan dimainkan banyak sekali kalangan usia. Tapi, nasib Point Blank ini cukup nahas. Cheat map hack dan auto headshot selalu merajalela di puluhan server yang tersedia dalam game ini.
BACA JUGA:  Sepuluh Game Android Offline RPG Terbaru April 2019 Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan Main

Sempat berpindah tangan ke publisher Garena Indonesia, cheater masih saja berseliweran. Walau demikian, sudah banyak cheater yang ditangani Garena sehingga cukup banyak yang berkurang dibandingkan publisher sebelumnya.

  1. RF Online
    Rising Force Online atau yang biasa kita kenal dengan RF Online merupakan MMORPG yang dirilis tahun 2007 oleh publisher sama mirip Ragnarok Online, LYTOGAME. Di game bertema masa depan ini, kau akan bertempur sebagai prajurit dalam perang antartiga bangsa di galaksi Novus.

Banyak sekali macam cheat dan beberapa cheat ini yang paling menciptakan kesal para pemainnya mirip cheat ASPD, blink, dan dupe. Yang mengejutkan, bahkan belum satu ahad LYTOGAME membuka layanan RF Online Classic, bot sudah banyak tersebar di kalangan pemain.

  1. Seal Online
    11 tahun sehabis rilis pada tahun 2006 di Indonesia, Seal Online tutup usia. Pasar Seal Online mulai goyah semenjak adanya cheat koin merah pada tahun 2009. Setelah itu, banyak sekali macam cheat mirip cheat alcanez, blink, auto hunt, AoE, dan lain-lain banyak bermunculan.

Hampir tidak ada eksekusi ban terhadap cheater Seal Online. Sedihnya, sampai selesai hayatnya game online lucu ini masih banyak diisi oleh pemain yang memakai cheat.

Setelah ditutup, cheater mulai bermigrasi ke server internasional, Seal Online Blades of Destiny, sehingga merusak suasana permainan di sana. Akankah Seal Online Blades of Destiny juga tutup mengikuti nasib Seal Online lokal?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here