571 (1)
571 (1)

Pernahkah kau mencicipi ketika sebuah hal yang dulu begitu baru, keren, dan canggih, sekarang menjadi hal yang biasa-biasa saja? Berbicara dalam konteks game online, khususnya yang ada di Indonesia, hal ini tentu saja niscaya terjadi. Nah seiring berkembangnya zaman, tidak mengherankan kalau game online terus menyebarkan diri.

Maka dari itu kali ini penulis akan membahas beberapa fitur keren pada game online di Indonesia yang dulunya luar biasa menjadi amat biasa untuk ditemui. Apa saja? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

  1. Grafis 3D
    Ngomongin soal tampilan tentu saja grafis akan jadi hal pertama yang bakal diperhatikan. Kini hampir semua game online berbasis PC yang beredar di Indonesia menggunakan grafis 3D. Sehingga sangat lumrah dan menjadi sesuatu yang teramat umum. Namun ternyata situasinya mampu sangat berbeda, kalau melihat kilas balik kurang lebih 10 tahun yang lalu.

Keadaan industri game online di awal tahun 2000-an ternyata tidak diwarnai oleh game-game 3D mentereng menyerupai ketika ini. Sebagian besar masih berbentuk 2D atau game 2.5D, yakni game 2D dengan adonan background ala 3D, contohnya Ragnarok Online. Game online 3D ketika itu memang sudah ada, tetapi jumlahnya masih sangat terbatas. Beberapa game online klasik yang telah menggunakan grafis 3D di antaranya menyerupai Laghaim dan Risk Your Life.

  1. Free to Play dan Item Mall
    Mungkin ada beberapa dari kalian yang akan kaget dan tidak percaya, tapi dahulu game-game online di Indonesia banyak yang masih menggunakan sistem berbayar. Untuk bermain, kau harus merogoh kocek dan membeli voucher. Nah, voucher game ini menyerupai dengan sistem pulsa dan harus tetap diisi kalau ingin bermain. Tetapi sejalan dengan berkembangnya zaman, sistem ini karenanya mulai ditinggalkan dengan sistem gratisan alias free to play. Bahkan sekarang hampir semua game online di Indonesia yang dirilis oleh publisher lokal telah menggunakan sistem free to play.
BACA JUGA:  5 Team Indonesia akan bertarung di Final Asia Tenggara PUBG Mobile Club Open 2019 di ICE BSD

Bersamaan dengan free to play terdapat pula sebuah fitur gres juga dikenal yaitu item mall. Lewat fitur ini pemain mampu membeli bermacam-macam item dengan menggunakan uang sungguhan. Sama menyerupai free to play, item mall juga menjadi fitur yang sangat menempel dalam game online di Indonesia ketika ini.

  1. Emoticon dan Aksi
    Hal remeh namun justru menambah unsur kesenangan dalam permainan yaitu adanya emoticon lucu-lucu yang menggemaskan. Dalam game online, emoticon selalu digunakan dalam percakapan antar pemain dan berfungsi untuk menyuarakan emosi atau perasaan si kamu. Salah satu bentuk komunikasi ini telah menjadi bentuk standar yang selalu mampu ditemui dalam semua game online.

Berbeda dengan emoticon, ada pula action atau agresi yang merupakan bab dari imbas animasi dalam game. Dulu melihat karaktermu mampu duduk saja sudah jadi sesuatu yang keren mengingat abjad game online hanya mampu bangun tegak lurus saja. Bahkan tidak hanya duduk, sekarang terus ditambahkan gerakan-gerakan dinamis lainnya; entah itu menari, melompat, hingga gerakan ajaib yang konyol. Jangan kaget juga ketika melihat wajah abjad yang ikutan berekspresi ketika melaksanakan gerakan-gerakan tersebut.

  1. Buka Toko
    Konsep berjualan atau membuka toko sendiri awalnya yaitu hal yang tidak begitu lazim. Transaksi memang mampu terjadi antarpemain, tetapi bukan melalui toko atau lapak yang dibuka oleh sesama pemain. Nah kala itu job class Merchant di Ragnarok Online-lah yang mampu melakukannya, sedangkan class lainnya tidak. Makanya tidak heran ketika ada pemain yang khusus mempunyai char merchant, hanya demi berjualan dan membuka toko sendiri.

Untungnya fitur ini sekarang bukan milik ekslusif satu job class saja. Banyak game online yang membolehkan pemainnya membuka toko sendiri, apapun job class mereka. Hal ini menciptakan perputaran uang antarpemain menjadi lebih bervariasi.

Nah itu beliau beberapa fitur keren yang ada pada game online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here