571
571

Dalam genre MMORPG, kehadiran sistem pertarungan PvE dalam sebuah open-field biasanya jadi salah satu nilai jual. Kalau PvE saja sudah terasa menarik, bagaimana bila kau mampu bertarung PvP dalam sebuah open-field. Salah satu MMORPG yang memakai konsep tersebut yaitu Rising Force Online atau biasa disebut RF Online, lebih lanjutny simak ulasan Dunia Games ini ya:

RF Online yaitu game besutan pengembang asal Korea Selatan, CCR Inc yang dirilis pertama kalinya pada tahun 2006. Melihat tahun rilis game ini maka jadi masuk akal bila grafis RF Online tidak begitu manis mirip kebanyakan game di masa kini. Meski begitu secara umum gaya gambar dan animasi yang ditampilkan masih cukup baik walau bukan dalam wujud High Definition.

Mengusung tema Sci-Fi, menciptakan RF Online memberi rasa gres pada game MMORPG. RF memakai latar daerah di suatu planet pada galaksi Novus. Planet tersebut diisi oleh 3 ras, Bellatto, Cora, dan Accretia, mereka berperang tiada tamat memperebutkan sumber daya yang berharga. Masing-masing ras pada RF Online mempunyai spesialisasi tersendiri.

Ras Bellato mempunyai robot perang tangguh yang mampu di-upgrade berjulukan Massive Armored Unit (MAU), ras robot Accretia mempunyai senjata mirip bazoka berjulukan Launcher, dan ras Cora mempunyai summoned unit dengan spesialisasi tertentu. Masing-masing ras mempunyai pilihan kelas yang sama kecuali kelas Istimewa tersebut. Kamu mampu menentukan menjadi Warrior, Spiritualist, Ranger, atau Ranger. Pada level 30 dan 40, kau diberi pilihan kelas lanjutan yang mampu dipilih.

Mekanisme pertarungan yang dibawa oleh RF Online yaitu prosedur pertarungan standar MMORPG, yaitu point and click. Tak perlu repot banyak bergerak saat melawan monster, cukup klik monster maka serangan dasar akan dilakukan secara otomatis. Skill mampu dipakai untuk membunuh monster lebih cepat. Bila Hit Point menipis sebab dipukuli monster, cukup gunakan potion supaya Hit Point kembali bertambah.

Sayangnya RF Online tidak mempunyai quest yang menarik hati, meski latar kisahnya cukup menarik. Quest pada RF terlihat seolah hanya ada sekadar untuk meningkatkan level pemain jadi lebih cepat saja, tak ada latar dongeng yang menarik untuk mengemas quest supaya jadi lebih menarik. Alhasil aspek PvE dalam RF Online mampu dibilang jadi amat-sangat membosankan, sebab yang kau lakukan hanyalah membunuh para monster atau mengumpulkan loot tertentu tanpa ada alasan yang terang selain hadiah Experience, Item, dan uang virtual.

BACA JUGA:  Lima Hero Mobile Legends yang Terlahir OP, Martis Udah Gak Termasuk?

Aspek PvE yang jadi korban dalam RF Online seakan dibayar melalui aspek PvP yang mampu dibilang jadi fitur unggulan RF Onlline. Tidak mirip kebanyakan MMORPG, PvP dalam RF Online terjadi dengan sangat luwes. Dalam RF Online ras yang satu dengan yang lain mampu gampang saling bunuh. Contohnya dalam beberapa field yang sifatnya netral, pemain ras yang satu mampu saja membunuh pemain dari ras lain entah hanya sekadar untuk bersenang-senang atau untuk menguasai field tersebut.

Kehadiran fitur peperangan antar ras juga semakin menambah keseruan RF Online. Dalam perang yang dinamakan Chip War, masing-masing ras saling berusaha untuk menghancurkan “Chip”. Ras yang berhasil menghancurkan Chip milik bangsa lain akan menerima hak untuk menambang sumber daya berharga.

Pertarungan pada chip war mempunyai prosedur mirip pada open-field netral, di mana antar ras yang ada mampu saling bunuh dengan bebasnya. Perbedaan tiba dari jumlah pemain penerima Chip War yang mampu hingga ratusan pemain. Sayangnya Chip War tak mampu pribadi dinikmati oleh pemain, kau harus mencapai level 25 terlebih dahulu untuk mampu bergabung dalam perang. Kamu juga akan butuh equipment yang mumpuni supaya lebih berpengaruh dalam pertarungan.

Kesimpulan

RF Online bekerjsama punya potensi yang besar untuk menghadirkan unsur PvE yang lebih baik. Sayangnya proses leveling pada RF Online akan jadi sangat menyebalkan, mengingat absensi quest yang menarik dan prosedur pertarungan yang begitu-begitu saja. Tetapi dengan adanya Chip War, dijamin kau akan sangat menikmati aspek PvP yang ada dalam RF Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here