Kedepannya Xbox akan Kedatangan Banyak Game “Single Player”
Tidak mampu dipungkiri lagi, perkembangan industri game ketika ini mulai meninggalkan salah satu aspek tradisional dalam sebuah video game adalah “single player“. Semakin cepatnya internet dan tuntutan pasar mainstream dengan mode multiplayer yang diinginkan menciptakan developer maupun publisher meninggalkan aspek utama “single player” sebagai nilai jual utama dalam sebuah game. Lalu apakah hal tersebut menciptakan semakin berkurangnya game single player baik dari developer maupun publisher yang membuatnya ? atau justru penggemar video game ketika ini lebih menentukan bermain game dengan mode multiplayer sebagai nilai jual utamanya ?

Masih membahas seputar single player, sekarang kita beralih ke topik utama adalah mengenai Xbox dan single player. Beberapa tahun belakangan memang game-game yang rilis di konsol milik Microsoft justru kebanyakan menghadirkan fitur multiplayer sebagai nilai jual utamanya. Sebut saja beberapa judul ekslusif yang rilis di Xbox One menghadirkan fitur multiplayer sebagai nilai jual utamanya, mirip franchise Halo, Forza, Gears dan beberapa judul non-ekslusif mirip Sea of Thieves sampai Titanfall. Berbeda dari generasi sebelumnya di Xbox 360 beberap judul game diantarnya justru masih memberikan single player ekslusif yang menyenangkan, mirip Sunset Overdrive, Quantum: Break, sampai Ryse: Son of Rome. Terlepas dari itu semua, bos Xbox, adalah Phil Spencer kabarnya akan merubah ekosistem untuk game-game Xbox di masa yang akan tiba dengan memperbanyak game single player.

Hal tersebut telah dikonformasi melalui Twitter resmi Spencer yang menjawab sebuah pertanyaan apakah akan lebih banyak game single player yang rilis di Xbox di tahun-tahun kedepan. Dengan lantang dan tegas, Spencer menjawab “Yes, I can confirm“. Tentunya ini menjadi kabar bangga bagi pecinta game single player khususnya di konsol Xbox.

BACA JUGA:  Gambar Ini Unjuk Operator Baru Rainbow Six Siege dari Peru dan Mexico

Konfirmasi dari Spencer juga semakin diperkuat dengan fakta bahwa Xbox sendiri mulai mengakuisisi studio-studio game untuk bergabung di Xbox Game Studio semenjak E3 2018 kemudian ditambah dengan studio yang gres saja dibangun, adalah Initiative. Kebanyakan dari studio yang diakusisi ini cukup populer dengan garapannya menciptakan game single player. Seperti Obsidian Entertainment yang populer dengan game RPG-nya, sementara Double Fine yang konsisten menggarap game single player sampai Ninja Theory, mirip yang kita ketahui studio tersebut juga cukup aktif menciptakan game single player, mirip DmC atau Devil May Cry versi mereka.

Kita masih belum mengetahui apakah taktik tersebut akan benar-benar menciptakan Xbox bersinar atau setidaknya berhasil menandingi rival utamanya, adalah PlayStation di masa yang akan datang. Di sisi lain game dengan mode single player tentunya masih banyak diminati oleh para penggemarnya mengingat beberapa franchise masih mempertahankan mode tersebut sebagai nilai jual utamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here