571 (9)
571 (9)

Sony Interactive Entertainment cabang Amerika dan Eropa berencana untuk menghentikan seluruh produksi PS Vita GameCard pada simpulan tahun fiskal 2018. Informasi ini disebarkan oleh Sony kepada para pengembang game lewat email yang diketahui pula oleh seorang sumber dari situs Kotaku.

Walaupun produksi game format fisik dihentikan, game format digital masih akan terus tersedia lewat layanan PlayStation Store. Masih lewat email yang sama, Sony meminta kepada para pengembang game untuk memasukkan permintaan arahan produk seluruh game PS Vita format fisik pada tanggal 28 Juni 2018 mendatang. Untuk pemesanan game format fisik akan berakhir pada tanggal 15 Februari 2019 mendatang.

Sekedar informasi, konsol PlayStation 4 telah berhasil terjual sebanyak lebih dari 79 juta unit di seluruh dunia menurut laporan keungan pada tanggal 31 Maret 2018 kemarin. Pada catatan yang diberikan Sony, terdapat 2,5 juta unit PS4 yang telah didistribusikan pada kuartal keempat tahun ini. Angka tersebut berarti turun sebanyak 0,4 juta dibandingkan dalam periode yang sama di tahun fiskal sebelumnya. Total keseluruhan distribusi PS4 tahun ini tercatat sebanyak lebih dari 19 juta unit, yang artinya turun sebanyak 1 juta unit dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan pada tahun 2016 kemudian juga sempat beredar kabar bahwa Sony hendak menghentikan produksi Vita berikut dengan pengirimannya ke sejumlah wilayah di dunia. Seperti dilansir dari NDTV, Sony menginformasikan kepada para penjual di Belanda jikalau perangkat handheld ini menghadapi simpulan hayatnya.

Ketika penjualan PS4 meningkat, penjualan PS Vita tidak mempunyai peningkatan bahkan menerima penyusutan. Di beberapa wilayah, mirip di India, penjualan PS Vita mengalami penyusutan yang tinggi, diikuti beberapa negara Asia lainnya.

BACA JUGA:  Catat Gaes! Inilah Tanggal Perilisan Borderlands 3

Handheld penerus PSP ini pertama kali rilis di Jepang pada bulan Desember 2011 dan menyusul hadir untul pasar global pada Februari 2012, hampir setahun sesudah Nintendo 3DS yang merupakan kompetitornya dirilis. PS Vita sendiri telah berkembang dari sebuah handheld dengan fitur yang tidak menarik dan game yang terbatas, menjadi handheld dengan fitur canggih dan mempunyai banyak game keren.

Sayang, popularitas PS Vita harus tergeser dengan eksistensi perangkat smartphone yang didukung dengan ratusan game mobile yang lebih menggiurkan; sehingga Sony harus mengambil langkah yang berat untuk menyelamatkan perusahaannya.

Semoga saja Sony tidak cepat-cepat menghentikan produksi Vita dan sebaliknya meningkatkan keamanan dari PS Vita, mengingat dikala ini telah banyak beredar PS Vita yang sudah mampu memainkan game-game bajakan. Para gamer PS Vita, harap sabar dan sabar ya. Ikuti terus DuniaGames.co.id untuk gosip menarik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here