Google Stadia 700x393
Google Stadia 700x393

Pagi ini, yang jadi buah bibir di dunia game ialah Stadia.

Dalam perhelatan Game Developer Conference 2019 di San Francisco, Google mengungkap Stadia, yang merupakan cloud gaming service.

Jadi, apa itu Stadia? Pada dasarnya, Stadia ialah layanan cloud gaming. Kamu mampu memainkan game secara streaming.

Dengan Stadia ini, kau dikatakan hanya tinggal menekan tombol “Play” di selesai video YouTube. Lalu dalam lima detik saja, kau sudah mampu memainkan game yang seharusnya mempunyai spesifikasi berat di perangkat apapun yang kau gunakan.

Kamu bahkan tidak perlu download atau melaksanakan instalasi. Laksana Netflix (di mana kau tinggal menentukan film, kemudian filmnya diputar di perangkatmu), kau hanya tinggal menentukan game, dan kau mampu memainkannya langsung.

Stadia juga dikatakan tidak membutuhkan perangkat khusus. Desktop?Laptop? Tablet? Smartphone? Dalam presentasi, semua perangkat ini dikatakan mungkin memainkan game melalui Stadia.

Perangkat Stadia yang diperkenalkan hanya controller yang dilengkapi dengan google assistant, itu pun tidak wajib untuk kau gunakan.

Secepat Apa Internet yang Dibutuhkan Buat Main?
Berdasarkan presentasi Stadia, pengguna jasa cloud gaming ini tidak mutlak perlu memikirkan spesifikasi perangkat untuk main game next-gen.

Masalahnya, namanya juga streaming, secepat apa internet yang diperlukan buat main?

Bisa main game setingkat Assassin’s Creed Odyssey mengandalkan laptop seadanya mungkin menggoda, tapi kalau ada lag di controller atau gameplay ya mainnya tidak lezat juga.

Pertanyaan ini sudah dijawab perwakilan Google ke media Kotaku. Dikatakan kalau kecepatan 25 mbps mampu menyajikan game dengan kualitas 1080p dan 60fps.

Perwakilan Google tersebut juga berharap ketika Stadia rilis, mereka mampu menyajikan game dengan kualitas 4k 60 fps dengan kebutuhan bandwidth yang kira-kira sama.

BACA JUGA:  Game Batman Terbaru Berjudul Arkham Legacy?

Internet di rumahmu cukup gak tuh?

Rilisnya Kapan?
Menurut info yang sudah beredar, Stadia akan rilis di tahun 2019 ini, namun tanggal pastinya belum diumumkan.

Wilayah peluncuran perdana Stadia akan meliputi Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya.

Duniaku.net akan memantau terus mengenai tanggal rilis dan wilayah peluncuran perdana Stadia, berhubung jasa cloud gaming ini berpotensi mengubah jagad video game di dunia.

Namun tidak mengherankan untuk ketika ini, wilayah yang sudah disebutkan ialah negeri-negeri dengan koneksi internet yang cepat.

Semoga info di atas mampu menjawab rasa ingin tahu pembaca Duniaku.net soal apa itu Stadia.

Menarik juga ya kalau contohnya kau habis ngeliat trailer dari game yang keren, kemudian kau mampu pribadi memainkan game itu dengan klik link yang muncul di akhir.

Kami akan memantau terus perkembangan dari Stadia, terutama apakah layanan cloud gaming ini mampu mewujudkan janji-janjinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here