Gamer Rocket League di PS4 Kini Bisa Bermain Bersama Pemain di Xbox One dan Switch
Gamer Rocket League di PS4 Kini Bisa Bermain Bersama Pemain di Xbox One dan Switch

Sebelumnya, para pemain Rocket League di PS4 hanya mampu ber-multiplayer bersama gamer PC.
Melihat perkembangan industri gaming di 2018, tak sulit menebak apa yang akan terjadi di tahun ini. Developer boleh jadi terus gencar menerapkan taktik ‘video game sebagai layanan’, kemudian akan bertambah banyak pula permainan-permainan yang mendukung cross-platform play. Fitur di mode multiplayer ini memungkinkan gamer di platform berbeda untuk bermain bersama.

Namun ketika PC, Xbox One, Switch, hingga perangkat bergerak dengan besar hati merangkul cross-play, Sony malah merasa keberatan. Alasannya mampu ditebak, dan sangat berkaitan dengan bisnisnya. Penolakan terhadap fitur ini direalisasikan lewat pemblokiran terhadap sejumlah permainan mirip Rocket League dan Minecraft. Tapi menyadari keputusan mereka itu telah menutup ‘pintu rezeki’, hasilnya dibukalah kanal cross-platform play Fortnite di PlayStation 4.

Dan di bulan Januari ini, Sony Interactive Entertainment turut menghadirkan dukungan cross-play secara penuh di Rocket League. Lewat langkah ini, para gamer PlayStation 4 diperkenankan buat menikmati permainan sepak bola berbasis kendaraan beroda empat itu bersama pemain di Xbox, Switch dan PC via Steam. Tim Psyonix bergotong-royong sudah menyiapkan fitur ini semenjak lama, yang mereka tunggu yaitu lampu hijau dari sang pemilik platform.

Sebelumnya, para pemain Rocket League di PS4 hanya mampu ber-multiplayer bersama gamer PC. Berkat kehadiran ‘full cross-platform play‘, untuk pertama kalinya mereka mampu bertanding Rocket League melawan gamer Switch dan Xbox One. Perlu diketahui bahwa status cross-play di PlayStation 4 ketika ini masih berada di tahap beta, jadi fitur-fiturnya masih belum terlalu lengkap. Buat sekarang, sistem matchmaking online masih bekerja secara acak, sudah diimplementasikan pada mode casual, kompetitif dan Extra Modes.

BACA JUGA:  Square-Enix: Tidak ada Rencana untuk Merilis Final Fantasy VII Remake ke Platform Lain

Menariknya lagi, cross-play juga tersedia untuk match privat walaupun Anda dan kawan punya console berbeda. Kita dipersilakan buat membuat pertandingan, atau bergabung ke match yang telah dibuat.

Cross-platform play terhidang secara otomatis. Namun jikalau Anda ingin memastikannya, silakan masuk ke main hidangan dalam game, buka Options, kemudian pastikan boks Cross-Platform Play di tab Gameplay tercentang.

“Pengumuman ini sangat penting bagi Psyonix alasannya yaitu kami mengerti bagaimana komunitas sudah usang menanti fitur cross-platform play secara penuh,” tutur vice president Psyonix Jeremy Dunham. “Semua ini tercapai alasannya yaitu Anda, penggemar berat Rocket League, serta berkat para kawan yang dermawan. Mewakilkan seluruh tim, kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme serta kegigihan Anda, untuk terus mendorong kami menghidangkan pengalaman bermain Rocket League yang lebih baik.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here