Mulai Tahun 2022, Kecanduan Bermain Game Akan Dianggap Sebagai Penyakit!
Mulai Tahun 2022, Kecanduan Bermain Game Akan Dianggap Sebagai Penyakit!

Ketetapan ini telah disetujui WHO dan memasukkan kecanduan bermain game sebagai penyakit pada ICD revisi ke-11
Pada Juni 2018, Word Health Organization atau disingkat WHO, telah mengajukan bahwa kecanduan bermain game ialah salah satu daftar penyakit yang harus diakui secara global. Dan mereka pun sekarang telah menetapkannya.

WHO resmi memasukan sikap kecanduan bermain game (Gaming Disorder) pada International Statistical Classification of Diseases (ICD) atau sebuah penjabaran penyakit di revisi yang ke-11 dan akan mulai berjalan pada 1 Januari tahun 2022.

425.pagespeed.ce.AbCejt6tZq
425.pagespeed.ce.AbCejt6tZq

Seseorang mampu dikatakan terkena penyakit, kalau terlalu memprioritaskan game dibanding aktvitas kehidupan sehari-hari. Misalnya saja melupakan bersosialisasi, pekerjaan, pelajaran, sampai makan dan tidur.

Dalam pedoman WHO, pasien harus menawarkan gejalanya paling tidak selama 1 tahun sebelum didiagnosis. Namun, secara spesifik, dalam pedoman tersebut dituliskan bahwa diagnosis mampu berubah tergantung dengan keparahan dari kasusnya.

Karena keputusan ini, beberapa perwakilan industri video game dari AS, Eropa, Kanada, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan Brazil meminta WHO untuk mengubahnya. Entertainment Softawre Association (ESA) yang mewakili industri game AS juga telah mengkritik langkah WHO dalan siaran pers situs resminya.

Menurutnya, ketetapan WHO ini tidak didasarkan pada bukti yang cukup kuat, apalagi harus memasukannya ke dalam International Statistical Classification of Diseases (ICD). Menjawab pernyataan ini, WHO menyampaikan bahwa langkahnya diambil sehabis melihat ulasan bukti dari para hebat yang terlibat dalam proses pengembangan ICD-11.

Well, masih ada waktu untuk para industri game menunjukan bahwa Gaming Disorder bukanlah sebuah penyakit. Kalo berdasarkan kau gimana, apakah langkah yang diambil WHO sudah benar?

BACA JUGA:  Fatwa PUBG Ramai, Padahal 10 Game Ini Justru Lebih Parah! Akan Diblokir Juga?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here