Tips Memilih Boots di AOV dan Dampaknya dalam Permainan
Tips Memilih Boots di AOV dan Dampaknya dalam Permainan

Jangan remehkan Boots, item murah ini punya dampak yang besar hingga ke late game
Arena of Valor yaitu game MOBA yang penuh dengan strategi. Salah satu ciri khasnya, pemilihan item alias build di dalam pertarungan selalu punya sifat fleksibel. Memang kita mampu menentukan pilihan build sebelum ronde dimulai, tapi itu sifatnya hanya pemberian saja. Ketika permainan sudah dimulai maka penyesuaian punya tugas jauh lebih penting.

Salah satu jenis item yang sepele dan murah di AOV namun punya dampak besar yaitu Boots (sepatu). Pemilihan Boots sering kali diabaikan oleh pemain, bahkan tidak jarang ada yang selalu memakai satu jenis Boots di semua pertandingan. Padahal seharusnya tidak mirip itu. Simak imbas Boots AOV dan tips-tips pemilihannya di bawah ini.

Item sederhana, dampak luar biasa
Di antara jenis-jenis item lainnya, Boots memang tergolong yang termurah. Biasanya item ini dipilih sebagai item pertama atau kedua dalam permainan, alasannya ketika itulah mulai banyak terjadi clash dan Movement Speed(kecepatan gerak) menjadi sangat dibutuhkan. Tetapi dampak Boots bukan hanya di Movement Speed saja.

Arena of Valor menyediakan enam jenis Boots untuk dipilih yang kesemuanya punya dampak relevan hingga fase late game sekalipun. Semua Boots intinya menambahkan Movement Speed sebanyak 60 poin, tapi juga mempunyai imbas lain. Berikut ini keenam Boots tersebut:

Sonic Boots: Phys. DEF +110, Normal Attack Damage -15%
Gilded Greaves: Magic DEF +110, Resistance +35%
Flashy Boots: Cooldown Reduction +15%
Enchanted Kicks: Magic Pierce +75
War Boots: Attack Speed +25%
Hermes’ Select: Movement Speed +60 ketika di luar pertarungan
Sekilas angka-angka ini mungkin terlihat kecil, tapi bahwasanya besar sekali mengingat semua Boots punya harga sangat murah. Selain itu, berbeda dengan stat Attack Damage atau Magic Damage, kebanyakan stat yang kita mampu dari Boots dihitung memakai persentase. Karena itulah Boots sangat krusial dan tetap terasa kuat hingga late game. Kita akan bahas perhitungan itu lebih detail di bawah.

Tips 1: Lihat komposisi tim lawan
Dua Boots yang paling umum digunakan dan sangat kuat yaitu Sonic Boots dan Gilded Greaves. Mengacu pada formula perhitungan damage Arena of Valor, kedua item tersebut masing-masing akan menunjukkan Physical Defense dan Magic Defense sebesar 15% (dari 110 Phys. DEF dan 110 Magic DEF).

Sonic Boots memberi imbas khusus yaitu setiap Normal Attack yang kita terima dari musuh akan dikurangi lebih jauh sebanyak 15%. Artinya Boots ini akan sangat cantik jika kita berhadapan dengan musuh-musuh tipe “hitter” mirip Valhein, Kil’Groth, Tel’Annas, dan sebagainya. Bila tim musuh mempunyai hero-hero Archer, Warrior, atau Assassin berbahaya, Sonic Boots yaitu pilihan utama.

Sementara itu, Gilded Greaves punya imbas khusus yang disebut Resistance. Resistance mengurangi durasi Crowd Control yang Anda terima. Ini berarti sebuah Skill yang biasanya menciptakan Anda terkena Stun selama 1 detik, dengan Gilded Greaves durasinya berkurang menjadi hanya 0,65 detik. Gilded Greaves cantik untuk melawan hero-hero Mage, atau pendekar andal Crowd Control mirip Superman dan Lumburr.

Memilih antara Sonic Boots atau Gilded Greaves sangat penting jika Anda memainkan pendekar yang akan maju menyerbu ketika clash. Perhatikan pendekar musuh apa yang mempunyai potensi damage terbesar, kemudian sesuaikan sepatu Anda untuk menghadapinya. Bahkan tak hanya pendekar lawan, tapi komposisi item lawan pun penting Anda perhatikan.

Contohnya, jika Anda melihat lawan memakai Valhein, mungkin Anda akan berpikir sebaiknya membeli Sonic Boots. Tapi ada kalanya Valhein memakai build Magic. Begitu pula dengan beberapa pendekar lain mirip Arthur atau Nakroth. Jangan hingga Anda tertipu, membeli Sonic Boots tapi ternyata sumber damage musuh tiba dari Magic.

BACA JUGA:  Trailer Terbaru Final Fantasy VII Remake Perlihatkan Pesona Penuh Tifa & Aerith!

Tips 2: Pahami kebutuhan pendekar Anda
Tiga Boots berikutnya (Flashy Boots, Enchanted Kicks, dan War Boots) yaitu pilihan item yang lebih ofensif. Anda mampu menentukan tiga Boots ini jika Anda bermain sebagai pemberi damage, tapi kembali ke tips pertama, perhatikan dulu komposisi pendekar lawan.

Contohnya, jika Anda memainkan Yorn, Anda mungkin akan termakan untuk menentukan War Boots demi Attack Speed tambahan. Tapi jika di tim lawan ada Assassin mirip Butterfly atau Zephys, ada baiknya Anda bermain lebih defensif dan menentukan Sonic Boots. Ini untuk menghindari pendekar Anda mati cepat terkena damage dari Skill lawan.

Boots tipe ofensif mampu Anda pilih jika Anda yakin tim lawan tidak mampu melaksanakan gank dengan gampang terhadap Anda. Kemudian pastikan juga biar ketika clash, pendekar Anda selalu ada di posisi yang tidak diincar musuh.

Untuk pendekar tipe Mage, terkadang Anda harus menentukan antara Flashy Boots atau Enchanted Kicks. Pilihan ini sebaiknya diubahsuaikan dengan kebutuhan pendekar Anda. Hero mirip Veera sangat butuh Cooldown Reduction, jadi Flashy Boots yaitu pilihan lebih baik. Sementara pendekar mirip Mganga intinya sudah punya cooldown yang cepat, jadi Anda mampu menentukan Enchanted Kicks untuk damage tambahan.

Ingat, nilai Cooldown Reduction maksimal dalam AOV yaitu 40%. Bila Anda sudah memakai Flashy Boots, atur pilihan item lainnya biar Cooldown Reduction tidak berlebihan alasannya itu akan sia-sia. Atau, jika item selain Boots sudah mencapai angka 40%, Anda mampu mengganti Flashy Boots dengan sepatu lain.

Hermes’ Select yaitu sepatu yang unik, alasannya sifatnya tidak mampu dibilang defensif ataupun ofensif. Hermes’ Select memberi Movement Speed ekstra jika Anda sedang di luar clash, jadi sepatu ini mampu digunakan untuk kabur, mempersiapkan gank, atau mengelilingi arena sebagai Observer. Anda mampu menentukan sepatu ini jika butuh Movement Speed tinggi, tapi ingatlah bahwa dengan Hermes’ Select, pendekar Anda akan jadi lebih lemah ketika terjadi clash 5-lawan-5.

Tips 3: Bila perlu, buang sepatu di late game

Terkadang pertarungan di AOV berjalan begitu sengit sehingga belum ada pemenang meski slot item Anda sudah habis. Ketika hingga di titik ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti Boots dengan item lain yang lebih berguna. Dengan catatan, item penggantinya harus memberi laba lebih besar daripada Boots.

Hero-hero mirip Nakroth, Airi, dan Murad punya mobilitas tinggi, sehingga membuang sepatu yaitu pilihan gampang bagi mereka. Tetapi untuk pendekar yang intinya lambat mirip Natalya atau Astrid, ini justru mampu menjadi malapetaka. Membuang sepatu yaitu keputusan yang cukup ekstrem, pastikan Anda sudah berpikir matang sebelum melakukannya.

Tips 4: Jangan terpaku pada tips
Tips terakhir yaitu tips yang paling penting ketika bermain Arena of Valor: jangan terpaku pada tips atau guide, termasuk guide yang sedang Anda baca ini. AOV merupakan game yang sangat fleksibel, oleh alasannya itu di sini sebetulnya tidak ada istilah “build yang salah”. Tidak ada yang melarang Anda memasang Flashy Boots di Valhein, misalnya, asalkan Anda punya alasan kuat di balik keputusan itu.

Dibanding terpaku pada guide, atau menjiplak build dari orang lain, hal terpenting yang harus Anda lakukan yaitu beradaptasi. Sering-seringlah memantau pendekar lawan, bagaimana komposisinya, apa item yang mereka buat, serta perbedaan Net Worth antara kedua tim. Kemudian dari situ berpikirlah dengan cepat dan ambil keputusan terbaik untuk menuju kemenangan. Selamat bertarung, Challengers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here