Team SoloMid Makara Partner Sponsorship Esports Pertama Lenovo Amerika
Team SoloMid Makara Partner Sponsorship Esports Pertama Lenovo Amerika

Meski pertama kalinya menjadi sponsor tim di Amerika, Lenovo sama sekali bukan pemain gres di dunia esports.
Pertumbuhan esports yang semakin pesat dan diprediksi masih akan terus meningkat merupakan daya tarik besar lengan berkuasa bagi para pemilik merk untuk berinvestasi di bidang ini. Apalagi pertumbuhan itu tidak hanya terjadi di beberapa negara maju saja, tapi di seluruh dunia. Bagi merk teknologi mirip Lenovo, hanya soal waktu saja hingga mereka terjun menjadi sponsor di industri esports.

Baru-baru ini, Team SoloMid (TSM) mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kolaborasi dengan Lenovo North America sebagai partner PC eksklusif. Lenovo akan menjadi penyedia perlengkapan gaming untuk kemudahan latihan gres milik TSM yang sekarang sedang dibangun di Los Angeles. Ditambah lagi, tim kreator konten di TSM juga akan menerima kanal ke perlengkapan teknologi milik Lenovo untuk membuat konten-konten kelas dunia.

Fasilitas latihan gres milik TSM itu akan mempunyai area yang disebut Lenovo Legion Lounge, berisi PC gaming canggih keluaran Lenovo dan perangkat audio visual yang imersif. Ditambah lagi, Lenovo juga akan menyelenggarakan banyak sekali event langsung dan giveaway untuk TSM sepanjang tahun. Dalam pengumuman di situs resmi TSM, dikatakan bahwa kolaborasi ini ialah sponsorship resmi pertama Lenovo North America di bidang esports, dan merupakan investasi yang akan meningkatkan lebih jauh fokus Lenovo di industri game.

“Dengan audiens esports diperkirakan akan melampaui viewership NFL dan mencapai angka 276 juta orang di tahun 2022, Lenovo bangga mampu berpartner dengan tim veteran yang telah membantu mengangkat popularitas esports di Amerika Serikat,” kata Matt Zielinski, Presiden Lenovo North America, “Kami memahami potensi pertumbuhan besar pasar ini, dan kolaborasi ini ialah embel-embel yang elok dalam investasi kami untuk membawa pengalaman gaming tingkat profesional kepada para penggemar berat di seluruh dunia.”

BACA JUGA:  Tertarik dengan Esport, Will Smith Lontarkan Dana Lebih dari Rp600 Miliar ke Perusahaan Gen.G

Team SoloMid mungkin partner sponsor pertama Lenovo di Amerika, tapi di negara-negara lain bahwasanya Lenovo bukan nama gres di dunia esports. Di Indonesia saja, Lenovo melalui merk Legion telah menjadi menunjuk tim EVOS menjadi merk ambassador semenjak tahun 2017. Legion juga telah menjadi sponsor Rainbow Six Pro League, MotoGP eSports Championship, serta sejumlah tim termasuk Silver Snipers.

Keputusan untuk berpartner dengan Team SoloMid terbilang sempurna mengingat mereka ialah tim besar dan punya segudang prestasi. Mereka gres meraih juara 2 di LCS 2019 Spring Playoffs, juga mempunyai banyak sekali tim yang bertanding di cabang-cabang esports berbeda, termasuk League of Legends, Fortnite, Super Smash Bros., dan Rocket League. Menurut keterangan resminya, TSM mempunyai lebih dari 80 juta follower di seluruh platform penggemar, juga mempunyai jaringan situs gaming dengan capaian 180 juta page view per bulan.

Sementara itu bagi TSM sendiri, Lenovo dipilih sebagai partner sebab mereka merasa mempunyai kesepakatan yang sama perihal kualitas. Founder dan CEO TSM Andy Dinh menyampaikan bahwa TSM hanya berpartner dengan yang terbaik, dan rekam jejak Lenovo dalam hal performa serta kualitas itu sejalan dengan visi masa depan TSM, bukan dalam hal tim esports saja tapi sebagai organisasi keseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here