Gameloft Gandeng Xiaomi dan ESL, Gelar Turnamen Esports Asphalt 9: Legends
Gameloft Gandeng Xiaomi dan ESL, Gelar Turnamen Esports Asphalt 9: Legends

Sebelumnya ESL sudah pernah menggelar turnamen Asphalt 9: Legends berjulukan ESL Mobile Open.
Gameloft dan Xiaomi lewat merk Black Shark baru-baru ini mengumumkan turnamen esports gres bertajuk Asphalt Esports Series. Sesuai judulnya, turnamen esports ini memakai game terbaru Gameloft yaitu Asphalt 9: Legends yang tersedia untuk platform iOS, Android, serta Windows 10. Ini ialah pertama kalinya Gameloft menggelar turnamen untuk seri Asphalt yang sangat populer.

Fase kualifikasi Asphalt Esports Series akan berjalan mulai tanggal 20 Mei 2019, dengan partisipan berasal dari pemain-pemain top 9 negara berbeda: Perancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Mereka dipilih menurut peringkat tertinggi di dalam game Asphalt 9: Legends. Setelah melalui babak kualifikasi, pemain-pemain yang lolos akan terbang ke Jerman untuk menjalani babak Grand Final di program Gamescom, bulan Agustus nanti.

Gameloft bekerja sama dengan ESL yang merupakan esports organizer terbesar dunia untuk menggelar turnamen ini. Selain itu, Xiaomi juga akan menyediakan gaming smartphone terbaru mereka, Xiaomi Black Shark 2, sebagai perangkat gaming resmi di turnamen. Peserta yang menjadi juara berhak membawa pulang uang hadiah senilai 20.000 Euro, atau sekitar Rp323,6 juta.

Meski gres pertama kalinya digelar secara resmi oleh Gameloft, bekerjsama ESL sudah pernah menggelar turnamen esports Asphalt 9: Legends. Baru saja di bulan Maret kemudian mereka mengumumkan turnamen bertajuk ESL Mobile Open yang mengusung tiga game sekaligus, yaitu Asphalt 9: Legends, Clash of Clans, dan PUBG Mobile. ESL bekerja sama dengan AT&T dalam turnamen tersebut.

Tahun pertama ESL Mobile Open akan terdiri dari tiga season, dan season pertama sudah mulai berjalan semenjak 18 Maret. Babak tamat dari season pertama ini nantinya akan menjadi pecahan dari program esports Dreamhack Dallas. Season 2 dan 3 juga menerima panggung yang tak kalah besar, yaitu di ESL One New York serta Dreamhack Atlanta.

BACA JUGA:  Tencent Umumkan Detail AOV World Cup dan Honor of Kings World Champion Cup 2019

Popularitas Asphalt 9: Legends memang begitu tinggi di kalangan penggemar mobile game. Hanya seminggu semenjak dirilis, game ini dilaporkan telah memperoleh angka unduhan sebanyak 4 juta kali. Keterangan di Google Play pun menawarkan bahwa game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali, meskipun tidak ada isu angka pastinya.

Dengan popularitas sedemikian besar, masuk akal saja kalau Asphalt 9: Legends kemudian tumbuh menjadi sebuah cabang esports. Akankah Asphalt 9: Legends mendorong esports bertema balap kendaraan beroda empat berkembang pesat di platform mobile?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here