Gameplay Perdana Final Fantasy VII Remake Dirilis, Ini Analisis Kami
Gameplay Perdana Final Fantasy VII Remake Dirilis, Ini Analisis Kami

Porsi eksplorasi dan pertempuran kemungkinan besar menerima perombakan besar-besaran.
Lewat pelepasan Resident Evil 2 di bulan Januari kemarin, Capcom memutuskan sebuah standar sangat tinggi dalam meramu remake. Namun gamer juga tahu, Resident Evil 2 bukanlah satu-satunya permainan istimewa yang tengah digarap ulang oleh developer-nya. Saat ini, banyak dari kita sedang menanti informasi lebih lanjut dari tim Square Enix mengenai status remake Final Fantasy VII.

Dan beberapa jam lalu, sebuah kabar bangga diungkap oleh Sony lewat PlayStation State of Play. Di event live stream tersebut, Square Enix menyematkan teaser trailer Final Fantasy VII remake yang difokuskan pada sisi gameplay. Permainan tersebut sempat menghebohkan pengunjung E3 2015 saat diumumkan di sana, tetapi hampir empat tahun berlalu tanpa ada info gres mengenainya.

Teaser yang Square Enix publikasikan memang tidak begitu panjang, hanya berdurasi satu menit lebih, namun kontennya memperlihatkan sudah sejauh mana developer menyebarkan FFVII remake. Video tersebut tampaknya diambil eksklusif dari porsi permainan di bab pembuka, difokuskan pada penyerangan yang Cloud dan Barret lakukan pada reaktor Mako di kota Midgar. Di sana, beberapa abjad familier mirip Aerith dan Sephiroth turut ditampilkan.

Selama beberapa detik, Square Enix juga sempat memamerkan sedikit potongan gameplay: agresi Cloud berlari dan memanjat, status damage berupa angka khas RPG, tombol-tombol buat mengeluarkan serangan berbeda, dan kesempatan untuk mengendalikan abjad lain. Hal-hal tersebut memang mengindikasikan berubahnya formula permainan. Versi kemungkinan remake tak lagi mengusung gameplay turn-based taktis ala Final Fantasy VII orisinal dan jadi lebih ibarat Final Fantasy XV.

Memang masih terlalu dini buat mengambil kesimpulan, namun saya membayangkan, dengan melebur elemen eksplorasi dan pertempuran menjadi satu pengalaman seamless sembari menyajikan perspektif kamera orang ketiga, kita mampu lebih mencicipi besarnya dunia dan kemegahan kota Midgar.

BACA JUGA:  PUBG Mobile Tambahkan Bajaj, Mau Perang atau Cari Penumpang?

Bersamaan dengan dipublikasikannya trailer ini, director Tetsuya Nomura (via Twitter Square Enix) menjelaskan bahwa timnya telah mematangkan jadwal pengerjaan game sampai momen peluncurannya nanti. Ia berjanji, segala detail mengenai Final Fantasy VII akan diungkap di bulan Juni besok – kemungkinan di E3 2019.

Produser Yoshinori Kitase juga menawarkan sedikit keterangan, kali ini via blog PlayStation: “Kami harap Anda menikmati video [Final Fantasy VII remake] yang disingkap di State of Play. Durasinya memang pendek, tapi agar Anda menikmati perjumpaan kembali dengan Cloud dan Aerith, sekarang disajikan dalam grafis yang realistis.”

Luar biasa, akibatnya kita mampu menyaksikan kembali simpulan hayat Aerith yang begitu traumatis dalam resolusi tinggi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here